Rabu, 16 September 2015

Tips dan triks informasi PATI UMM

Tips dan triks informasi PATI UMM


Pelatihan aplikasi teknologi informasi. Pelatihan ini diadakan selama seminggu tapi untuk tiap harinya hanya berlangsung sekitar  1 jam dan itu tergantung jadwalnya. Pengertian aplikasi teknologi informasidisini adalah, teknologi yang harus kita miliki untuk menggali informasi dari berbagai sumber khususnya adalah dari internet, dan bertujuan untuk bisa dan mampu menjalankan teknologi internet yang saat ini berkembang pesat dan sangat penting sebagai akses untuk mempermudah pekerjaan maupun kegiatan masyarakat dijaman modern.
Dan selama beberapa hari ini, adapun tugas-tugas dan evaluasi-evaluasi yang diberikan kepada saya sebagai mahasiswa yang saat itu menjalankan kegiatan tersebut. Banyak sekali yang saya dapat dari mengikuti kegiatan Aplikasi Internet . Dan tugas-tugasnya meliputi teknologi yang dinamakan internet.

Seperti misalnya tips dan trik dalam menggunakan google drive pada gmail. Saya tidak perlu lagi harus mengirim file melalui flashdisk atau harddisk kepada teman saya jika saya memiliki tugas bersama dengannya. Kami hanya cukup membuka google mail lalu masuk dalam google drive dan mengirimkan file tersebut kepada teman kami dengan setting yang sudah disusun agar teman kami dapat langsung mengeditnya secara otomatis. Benar benar praktis.Selain tips dan trik, saya juga mendapatkan informasi yang tidak kalah pentingnya. Misalnya saja penggunaan webmail, atau e-learning. Zaman sekarang ini untuk menghemat kertas, penggunaan e-learning ditingkatkan. Universitas Muhammadiyah Malang telah menyediakan E-learning, sehingga materi materi yang diajarkan oleh para dosen dapat dilihat pada E-learning. Begitu mudah dan sederhana.
Di kegiatan PATI ini saya mendapatkan banyak pelajaran tentang berbagai informasi dunia internet. Dimulai dari pembelajaran :
1. Sejarah Internet
2. E-mail
3. Google Drive
4. Blog
5. E-Learning
6. Browsing
7. Layanan teknologi informasi secara umum
8. Microsoft Excel
9. Ms. Power Point
10. Ms. Office word
Ini semua sangat bermanfaat. Dikegiatan PATI ini juga diberikan evaluasi dan tugas-tugas yang melatih kita agar lebih mendalami tentang internet. Evaluasi yang diberikan selalu memakai waktu tapi disini saya menyarankan untuk webnya yang sering down. Dan terkadang error, sehingga pengerjaan tertunda bahkan mendapat nilai rendah, sangat mengecewakan :”). Disini saya ada trik mengerjakan tugas evaluasinya :
1. Jangan pernah tunda waktu pengerjaan evaluasi
2. Buka link kuliah-ppai.umm.ac.id, jika lelet pada waktu ingin mengerjakan sebaiknya tidak dikerjakan. Karena bisa jadi dipertengahan waktu akan tersendat
3. Kerjakan dengan teman-teman agar lebih mudah
4. Ambil waktu yang pas agar tidak terganggu jaringannya seperti waktu tengah malam atau selesai sahur karena kita sekarang lagi menjalani bulan Ramadhan
5. Selalu berdoa agar lancar saat pengerjaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar