Rabu, 16 September 2015

Ilmu Pemerintahan

Program study ilmu pemerintahan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) berkembang melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menopang kemajuan pengetahuan dan teknologi komunitas akademik,pemerintah,industi dan masyarakat pada umumnya,dalam perkembangannya jurusan ilmu pemerintahan tidak hanya menyediakan sarjana-sarjana untuk mengisi jabatan-jabatan di pemerintahan saja melainkan terbuka jabatan di luar pemerintah seperti misalnya di dunia politik dan dunia jurnakistik juga bisa kok telah memberikan kesempatan bagi setiap daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan pemerintahannya sendiri sesuai dgn prakarsa dan aspirasi masyarakat setempat oleh karna itu maka setiap daerah akan banyak membutuhkan sumber daya manusia yang tdk hanya terampil namun juga memiliki akhlak yang mulia serta di tunjang dgn kapasitas keilmuan yang tinggi di bidang politik dan pemerintahan daerah,untuk menjawab kebutuhan daerah akan ketersediaan sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas dalam rangka mewujudkan kehidupan politik dan pemerintahan yang demokratis saya mewakili jurusan ilmu pemerintahan mengajak anda sekalian untuk bergabung dgn jurusan ilmu pemerintahan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik .

keunggulan dan perkembangan 

                                           ilmu pemerintahan

          1.      Meningkatkan kualitas proses pendidikan, mempersiapkan lulusan yang siap dan mampu berkompetisi di pasar kerja baik lokal, nasional maupun internasional. 

          2.      Meningkatkan atmosfir akademik yang mendukung penguatan kultur akademik yang          sehat atas dasar prinsip-prinsip dialogis, komunikasi dua arah dan egalitarian antar dosen dan mahasiswa baik dalam kegiatan pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.                               

          3   Meningkatkan kualitas penelitian yang relevan dan aplikatif serta diseminasi bagi  pengembangan sumber daya secara berkelanjutan.                                                                                 

                              

                                                   ilmu pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan yang berdiri tahun 1968 dan telah terakreditasi A. Jurusan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keilmuan dan keterampilan yang komprehensif di bidang kepemerintahan. Dengan dukungan staf pengajar yang berkualifikasi Profesor, Doktor, dan Master, jurusan ini mencetak sarjana yang profesional. Jurusan Ilmu Pemerintahan  pernah mendapat Program Hibah Kompetensi Institusi dari Dikti tahun 2010, telah meluluskan lebih dari 3.000 alumni dan  bekerja di berbagai bidang seperti institusi publik, privat dan  jabatan di luar pemerintahan, termasuk di dunia politik (partai politik), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan Jurnalistik (wartawan).

Kurikulum jurusan ilmu pemerintahan menekankan pada penguatan tata kelola pemerintahan yang baik (strengthening local governance). Jurusan ini juga membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan berupa magang riset (Praktek Kerja Pemerintahan). Kerjasama telah dilakukan oleh jurusan ini baik dengan instansi pemerintah (KPP Propinsi Jawa Timur, Pemkot Malang, DPRD Kota Batu, DPRD Kota dan Kabupaten Malang, KPU Kota Malang), maupun LSM diantaranya (Lapinda Bidos, Indonesia Kita dan Putra Bangsa). Dilengkapi dengan laboratorium ilmu pemerintahan berbasis teknologi informasi, mahasiswa dapat mengakses dan mengembangkan potensi akademik dan praktek terkait dengan dinamika pemerintahan.

 


Keunggulan dan Perkembangan Prodi Ilmu Pemerintahan

Laboratorium Ilmu Pemerintahan sebagai bagian dari jurusan Ilmu Pemerintahan berusaha untuk menopang proses belajar mengajar jurusan dengan memberikan praktek di laboratorium dan praktek lapang kepada Mahasiswa Ilmu pemerintahan, tujuannya adalah: pertama, agar mahasiswa memiliki kemampuan dasar untuk dapat mengoperasionalkan praktek pemerintahan berbasis teknologi; kedua memberikan pengalaman praktis pada mahasiswa dalam menyusun berbagai program pemerintahan dengan sistem praktikum lapangan; ketiga, memberikan kemampuan dasar bagi mahasiswa dalam menyusun laporan dalam bentuk rekomendasi kebijakan (policy paper).

Saat ini Laboratorium Ilmu Pemerintahan mulai berorientasi keluar untuk melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam rangka melakukan riset dan mengembangkan praktek kepemerintahan. Kedepan, Orientasi kerjasama antar lembaga untuk melakukan riset, pelatihan dan pengembangan praktek kepemerintahan menjadi acuan laboratorium Ilmu Pemerintahan dalam rangka ikut menciptakan Good Governance khususnya dalam lingkup Pemerintah daerah ( Local Government).
Sumber: katnyaskeren.blogspot.co.id/2014/09/keunggulan-dan-perkembangan-jurusan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar